Minggu, 24 Januari 2016

There Is Enough For Everyone

"Jadi ibu kan bayar saya 90 ribu. Saya dapat 90 ribu kurang 20%. Yang punya mobil dapat 90 ribu kurang 20%," kata si supir sebuah taksi aplikasi.

"Lah terus perusahaan apps taksi ini dapat apa?" kata gue yang menghitung-hitung si apps taksi malah tekor 60%.

"Ya itu saya nggak ngerti, Bu. Bisnis sekarang udah gak konvensional lagi. Untungnya bisa dari informasi. Macam whatsapp yang merugi terus aja malah dibeli gede ama Facebook."

Atau memang bisnis ini bukan untuk nyari duit, tapi nyari data untuk menguasai 99% penduduk bumi yang tahunya hanya bertahan hidup. Toh the top 1% sudah punya 99% kekayaan dunia.

Sistem uang di dunia ini semakin tidak masuk akal. Dibuat sedemikian rumit agar yang miskin semakin tak paham dan yang paham semakin kaya.

Padahal tidak harus begini.

Bayangkan sebuah dunia di mana semua orang berkecukupan. Tidak ada yang perlu dibeli atau dijual. Semua bisa bepergian dengan cuma-cuma. Semua orang bisa fokus ke legenda hidup mereka dan tidak perlu mengerjakan hal yang mereka gak suka karena semua sudah berkecukupan. Semua orang tidak perlu merasa superior untuk mengobati insecurity mereka karena semua sudah happy menjalani hidup yang sesuai the joy that is only in their heart.

Tapi, selama gue masih butuh uang, gue tidak akan pernah bebas.

Apa sih yang gue butuh sampai harus pakai uang?

1. Tagihan air/ listrik/ pajak. - Ini gue udah salah banget sih karena tinggal di apartemen yang bisa sesuka hati bikin tarif. Seharusnya gue tinggal di rumah yang bisa bikin energi sendiri. 

2. Transportasi. - Kalau gak terlalu perlu, gak usahlah gue pergi-pergi. Lebih baik eksplorasi sekitar gue dengan lebih mendalam. Kalaupun harus pergi-pergi, public transportation is better. Jangan nambah-nambahin beban diri dan planet dengan beli mobil.

3. Makanan/ minuman. - Diet. You need that. Dan kalau sudah waktunya nanti, tanam sendiri. Cari rumah yang dekat sumber air yang belum terjamah perusahaan air minum.

4. Baju. - bikin sendiri? atau at least beli yang dibuat dengan fair trade dan tahan lama. Jangan berpartisipasi bikin Bodat-Bodat tambah kaya. OMG semakin nomor 4 kok semakin mirip Gandhi ya? Gue dah telat puluhan tahun.

5. HP/ Informasi/ Hiburan. - Internet adalah teknologi yang membuat gue bersyukur hidup di masa kini, membebaskan gue nyari informasi dari media alternatif, gak cuma dari media besar yang isinya dikontrol. Mungkin gak ya gue nanti gak pake HP? Benar2 berkomunikasi lewat wifi aja?

6. Kesehatan, termasuk pijit. - Kalau gue makan lebih sehat dan jalan lebih banyak, harusnya biaya ini bisa dihilangkan.

Tinggal di desa jadi semakin menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar