Sabtu, 09 Januari 2016

Agak Kiri

"Saya kan agak-agak kiri," kata Bapak Dosen berkumis disambut tertawaan tertahan gue dan Addiena.

Bapak ini lulusan universitas negara kapitalis. Mobilnya mobil kapitalis. Kemeja dan ikat pinggangnya pun merek kapitalis. Dia agak kiri dari mana?

Mungkin dulu di saat dia masih mahasiswa idealis dan sosialisme terasa begitu seksi, bisa jadi dia agak kiri.

Setelah punya anak dan istri, dia tidak sadar kalau dia ditertawakan mahasiswanya setiap kali mendeklarasikan diri kiri.

Sepuluh tahun kemudian, Ucu menawari gue membaca buku yang agak-agak kiri. Dia khawatir gue gak bisa nerima.

"Gue agak-agak kiri kok," kata gue disambut tertawaan tak tertahan Ucu.

"Lo anak tentara, semua buku lo Amerika, film lo dibayarin Ford, mana bisa lo kiri," katanya.


Oh iya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar