Kamis, 07 Januari 2016

Dua Kartini

Ada dua yang mau bikin film Kartini.

Yang satu gak mau bikin film pahlawan yang terlalu serius. Mending bikin Kartini versi romcom. Bukan antara doi dan Stella, tentunya. Tapi antara doi dan tukang pos imajiner yang nganterin tuh surat-surat. Gak peduli tukang posnya historically beneran ada apa nggak, yang penting yang maen jadi Kartini harus gadis sampul jelita dan tukang posnya berdada bidang.

Yang satu lagi kayanya versi yang disebut si romcom film pahlawan serius . Sutradaranya aja langganan biopic yang  biasa membuat pahlawan-pahlawan jadi extra serius.  Lihat aja lighting teaser poster-nya yang soft-soft macam mau pre wed.  Kartini terlihat sangat lemah gemulai, menatap entah apa di bawah sana. Mungkin posternya emang ngambil dari album kawinan si gadis sampul masa lalu sama anak salah satu anak raja minyak Indonesia.

Dua-duanya tidak ada yang mau memotret Kartini sebagai cewe pemberontak yang jauh dari profil wanita Jawa lemah gemulai nan penurut, istri idaman Bupati Rembang.  Sepertinya di dua film ini jangan harap Kartini  mempertanyakan agamanya.

Gue pengen Nonton Kartini dan bapaknya. Atau Kartini dan abangnya. Cowo-cowo macam apa yang mempengaruhi pemikirannya sampai dia jadi Kartini? Cowo macam apa yang bikin si pemberontak ini akhirnya mau nikah juga?

Atau romcom Kartini dan Stella.

Atau apapun yang ceritanya Kartini tapi soundtrack-nya Koil.


Mungkin harus bikin sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar