Rabu, 16 Desember 2015

Rumah Bersama


"Budaya kita kan emang keluarga tuh tinggal di satu rumah rame-rame. Jadi ya gue tinggal aja ama mertua gue, gak perlu pusing mikirin beli rumah. Duitnya bisa gue pakai buat modal usaha," jawab salah satu teman ketika ngomongin harga tanah di Jakarta yang semakin gak kebeli.

Kalau orang tua atau mertuanya gak suka ngatur-ngatur sih ya mungkin bisa aja ya. 

"Ya orang tua di mana-mana suka ngatur. Kita yang muda aja yang harus lebih kompromi."

Kebudayaan komunal ala Rumah Gadang dan rumah-rumah tradisional lain  mungkin bisa jadi jawaban permasalahan tanah terutama di Jakarta yang semakin didikte tuan-tuan tanah yang jumlahnya hanya beberapa tapi berkuasa itu. Kalau semua orang rame-rame tinggal di rumah orang tua masing-masing, nggak akan ada yang beli dagangan mereka. Kalau gak ada yang beli, otomatis harganya gak bisa sesuka hati mereka.

Tapi haruskah kita mengorbankan kebebasan individu demi gak didikte kapitalis?  Balik lagi ke zaman di mana gue sekolah apa atau kawin ama siapa masih tergantung orang tua?

Kayanya lebih mudah nyari duit sebanyak-banyaknya aja deh buat beli rumah.

Dan harga rumah semakin mahal.

Apakah gue aja yang emang terlalu prideful gak mau tinggal sama orang tua? Padahal kalau gue tinggal ama mereka, mungkin banyak yang bisa gue pelajari dari mereka. Dan gak bakal ada juga itu cerita orang tua depresi karena kesepian atau ditelantarkan anaknya di panti jompo.

Jangan-jangan kebanggan kita akan  cara hidup modern yang memuja individuality ini malah menjauhkan kita dari living to our fullest, malah sibuk menghabiskan our prime years mencari uang beli rumah dan melupakan hal-hal yang penting. Passion... Keluarga...

Lalu Mak Gondut ngebeliin apartemen.


Bah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar