Senin, 07 Desember 2015

My First Brand, My Value

Dulu gue pernah ngerjain iklan dibayar SGD 680 per hari. Sebulan di Singapur.  Tinggalnya di hotel sebelah kantor. Tiap wiken pulang pake SQ. Tapi itu karena Lucky udah terlanjur janji ngedit Arisan 2, jadi gue gantiin doi.

I did not do a very good job. Mostly because I do not have any idea about directing a commercial, which is nothing to do with directing. It is more about handling the client's wants and needs.

Saat itu gue berasa overpaid dan underworked. Karena kerjaan gue cuma duduk dan melihat all the super talented and experienced people did  their best,  lalu bilang  iya atau tidak.

Tapi pas momen terpenting, pas client datang, I was not being in the moment and missed a few discrepancies. Yang tentunya langsung diselesaikan  oleh the super talented crew. I think I did not earn the client's trust. Yang juga gak jadi masalah karena Creative Director-nya sangat kompeten dan baik hati, sehingga gue bisa berlindung di balik doi.

Karenanya ketika kali ini gue dikasih kesempatan untuk bekerja sama lagi dengan brand, kubacalah dulu itu buku 'The 30 seconds storyteller' karangan seorang sutradara iklan. Biar gak planga plongo overpaid lagi.

Pasca buku 'The 30 Seconds Storyteller', gue  memang lebih bisa berdiplomasi dengan client.  Tapi diplomasi gak cukup. Butuh super power untuk tahu apa yang client mau di saat mereka pun tak tahu.

Gue duduk berpikir. Menurut gue muka bete karakter utama bakal lucu banget kalau gue kasih sound suara macan mengggeram.

Tapi client bakal suka gak ya? After all, mereka butuh sesuatu yang aman, yang bisa dipertanggungjawabkan ke bos mereka. This corporate culture..., you know.

Fuck it. Masukin ajalah.

Lalu gue disalam sama si Brand Manager. Dia bilang sekali nonton saja dia sudah ketawa. Terima kasih.

Ternyata gue dibayar karena  memang gue punya insting yang mereka gak punya.  Client butuh dikasih tahu apa yang bagus buat cerita.  And I am a good storyteller.

Jadi berasa underpaid and overworked. 

Bah. Dasar Gen Y.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar