Jumat, 11 Maret 2011

A Film About A Film

Scriptwriting process is so damn mind consuming that I write a script about scriptwriting itself. – Charlie Kaufmann.

I love Adaptation. Jadinya gue gak perlu terlalu minder karena my next movie is about moviemaking. Gak perlu merasa gak punya inspirasi sampai gue harus bikin film tentang bikin film.

Moviemaking is like standing naked in front of people anyway. – Michel Gondry

Film is life.

How can you sit down to write when you have not stood up to life? - Henry David Thorreau.

Apakah gue terlalu lama menghabiskan waktu duduk mengetik jadi lupa hidup? Tampaknya gue akan menghabiskan masa muda gue di balik laptop. Making money and masturbating. - Chuck Palahniuk.

A film about a film. It’s a life a bout a life.

Film di dalam film yang paling berhasil yang gue tonton adalah Full Frontal karya Steven Soderbergh. Menarik karena real banget. Berasa everyday life.

Tapi di menit ke 45 gue udah bosen karena real banget. Berasa everyday life.

Movie is my escape from my everyday life. Why would I see something that I can see everyday around me?

Because we go to a movie to see ourselves. - Julianne Moore

The greatest achievement a movie can give is when people can see the character and see themselves.

Tapi kan bosen bikin film yang orang relate melulu. Semua orang bikin film biar orang lain relate. Sekali-sekali bikin yang gak relate. - Edwin

Jadi siapa yang harus gue dengar ?

Hwaaaaa... akibat terlalu banyak membaca, jadi gak pernah menulis.

What do I wanna tell?

Juat a simple story about a daughter and a mother. Anaknya gak pengen jadi kaya emaknya: kawin, ngelupain mimpi, dan live boringly ever after. Maknya menjelang mati pengen liat anaknya kawin, ntar aja baru bikin film, and live happily ever after.

Booo... basi banget. Apa uniknya? Kayanya udah banyak yang kaya gini. Bend it like Beckham? Monsoon Wedding ? Black Swan.

Eh... tapi 3 cerita di atas beda-beda kok. Padahal intinya sama : anak dan ibu.

Kayanya gue masih ada harapan making a different movie out of this.

Be yourself. If it doesn’t make you different, what else would? – Yasmin Ahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar