Google aja tentang film Indonesia di Cannes
2015. Isi beritanya semua tentang "Filosopi Kopi ke Cannes" dan satu
dua kalimat di penghujung berita tentang 'A Fox Exploits Eh Apalah Tadi Itu', sebuah film pendek yang juga mengiringi
Filosopi Kopi ke Cannes.
Mungkin bukan salah wartawan-wartawan
kebanyakan deadline itu. Mungkin mereka cuma kopipaste modifmodif dari press release
yang dibagikan panitia yang mungkin
lebih ingin meladeni kepentingan kopi yang mensponsori kiprah mereka di Cannes.
Padahal Filosopi Kopi cuma masuk di pasar film
Cannes, dan si film pendek itu masuk ke kompetisi Critics Week di Cannes.
Sebuah prestasi yang luar biasa mengingat terakhir film kita yang masuk
kompetisi Cannes itu Tjoet Njak Dien.
Artinya yang lolos seleksi masuk Cannes itu
ya si film pendek. Bukan film-film yang cuma masuk pasar film. Bukan juga film yang
masuk Short Film Corner, seperti film pendek si bintang muda bermuka indo yang
diberitakan Infotainment.
"Angga sih udah berusaha ngejelasin ke
wartawan-wartawan itu," kata si sutradara film pendek membela sutradara
Filosopi Kopi. Tapi press release terlanjur dikopipaste modifmodif.
Jadi siapakah yang bertanggung jawab membuat
press release yang membodohi pembaca ini?
Tidak ada yang mengaku.
Lebih baik memenuhi instagram dengan
selfie-selfie bersama bintang-bintang Hollywood yang berseliweran di Cannes.
saya termakan berita juga Kak, baru tau the truth gara2 baca ini..
BalasHapus