Minggu, 25 Oktober 2015

Indonesia @ Cannes

Google aja tentang film Indonesia di Cannes 2015. Isi beritanya semua tentang "Filosopi Kopi ke Cannes" dan satu dua kalimat di penghujung berita tentang 'A Fox Exploits Eh Apalah Tadi Itu',  sebuah film pendek yang juga mengiringi Filosopi Kopi ke Cannes.

Mungkin bukan salah wartawan-wartawan kebanyakan deadline itu. Mungkin mereka cuma kopipaste modifmodif dari press release yang dibagikan  panitia yang mungkin lebih ingin meladeni kepentingan kopi yang mensponsori kiprah mereka di Cannes.

Padahal Filosopi Kopi cuma masuk di pasar film Cannes, dan si film pendek itu masuk ke kompetisi Critics Week di Cannes. Sebuah prestasi yang luar biasa mengingat terakhir film kita yang masuk kompetisi Cannes itu Tjoet Njak Dien.

Artinya yang lolos seleksi masuk Cannes itu ya si film pendek. Bukan film-film yang cuma masuk pasar film. Bukan juga film yang masuk Short Film Corner, seperti film pendek si bintang muda bermuka indo yang diberitakan Infotainment.

"Angga sih udah berusaha ngejelasin ke wartawan-wartawan itu," kata si sutradara film pendek membela sutradara Filosopi Kopi. Tapi press release terlanjur dikopipaste modifmodif.

Jadi siapakah yang bertanggung jawab membuat press release yang membodohi pembaca ini?

Tidak ada yang mengaku.


Lebih baik memenuhi instagram dengan selfie-selfie bersama bintang-bintang Hollywood yang  berseliweran di Cannes.

1 komentar:

  1. saya termakan berita juga Kak, baru tau the truth gara2 baca ini..

    BalasHapus