Kamis, 27 Maret 2014

Laku

"Gue suka kagum ama sutradara kaya Bang Joko yang masih bisa punya idealisme dan brand sendiri," kata seorang produser muda yang sekilas terlalu banyak bicara dan kurang banyak wawasan. Tapi ternyata filmnya sudah banyak sekali. Dan jaketnya mahal.

Mungkin memang harus produser yang banyak bicara dan berjaket mahal baru laku di Indonesia. Orisinalitas bukan faktor penting di sini.

"Menurut gue, lo juga punya brand," katanya.

Gue tidak menjawab. Gue tahu gue berbeda dan film kami bukan film kebanyakan. Kalau crowd yang tepat pergi menonton film ini, mereka pasti akan suka.

Tapi seberapa banyakkah crowd yang tepat itu ada di Indonesia? 

Apalagi film 'Selamat Pagi, Malam' tayangnya bersamaan dengan serbuan Hollywood summer movies, Piala Dunia dini hari, dan Pemilihan Presiden Republik Indonesia. 

"Wah kalau itu pasti laku tuh," kata Ucu nimbrung pembicaraan gue dan Lucky.

Ternyata maksudnya bukan 'Selamat Pagi, Malam' tapi film lain yang masih di angan-angan pengembangan.

"Kalau yang Selamat Pagi Malam, Cu?" tanya gue penuh harap.

"Wah itu gak tahu deh tuh. Tapi filmnya bagus sih," katanya.

"Ga takut. Kalau memang mereka pengen nonton they will watch it," kata Lucky.
Yang penting kita bikin mereka pengen banget nonton dengan...

1. Advanced buzz yg hits 
- Well, the first crowd love it.
2. Kesan film ini bagus bgt dan ga boleh dilewatkan
 - it is.
3. Soundtrack theme song yg melejit - Nunggu Ipong skripsi kelar baru dimixing.
4. Festival buzz
- I don't know about this.
5. This film is about them, biar mereka relate. -  Crowd Anggia sih bakal suka. Gak tau deh crowd Indri dan Ci Surya. Konon mereka lebih suka cerita-cerita escapism, sejauh mungkin dari realita mereka.

Otak kiri gue masih menghitung angka. Dengan jumlah kopi dan layar yang ada, mustahil mencapai BEP 2 minggu setelah 19 Juni 2014, sebelum layar Jakarta didominasi Angelina Jolie.

Menarik napas panjang.

Ini pertama kalinya gue release film tanpa yakin akan balik modal.  

Thank you. More reason to rely more not on myself.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar