Jumat, 24 Januari 2014

Pembantu

"Rumah saya kebakaran, Mbak," kata si Neneng sudah dengan Lepis dan kemeja bunga-bunga.

"Ibu saya sakit," kata si Depi. Dua-duanya mau pulang tapi gak berani bilang ke Mami.

Kebetulan hari ini tepat 1 hari setelah 1 bulan kedatangan mereka. Jadi Mami gak akan bisa minta ganti ke agen mereka. Garansinya cuma sebulan.

"Ini bukan rumah saya," kata gue gak mau ikut-ikutan administrasi Rumah Tangga Mak Gondut. Bisa-bisa gue yang kena libas.

Tapi kasian juga mereka. Pasti berat harus bekerja 24 jam 7 kali seminggu dengan gaji hanya 600 ribu. Berkali-kali gue bilang ke Mak Gondut pembantu jam 7 malam jangan disuruh-suruh lagi. Biarin aja santai-santai nonton TV. Tadi malam malah disuruh ngerok.

"Mending kalian bilang ke Papi," saran gue. Papi pasti bisa membujuk mereka.

Manusia  cuma butuh dihargai. Kalau mereka dihargai, hasutan agen pun gak akan mempan.

Lima menit kemudian, sudah terdengar omelan non stop mami dari lantai bawah. Tampaknya Neneng dan Depi gak kesampaian ngomong ke Papi, keburu diberondong Mami dengan pertanyaan kenapa pagi-pagi sudah pakai baju dan gincu.

"Apa papi pindah ke rumah kecil aja biar ga usah pakai pembantu?"

"Kalau pembantu pulang ya cari lagi," kata Papi santai.

Udah gatel ingin mengomeli Mak Gondut. Kalau dia gak mau ngurus suami dan lebih suka ngurus Dapil 1  Bandung Cimahi, setidaknya jangan bikin pembantu pulang.

"Be nice to your parent" gampang kalau ke Papi. Dua tahun setelah Demi Ucok, ternyata gue masih gak suka ama pilihan hidup emak gue.

"Semua itu harus dilihatnya dari positifnya. Kan bagus dia ada kegiatan di luar, gak ngomelin kita di sini," kata Papi.

Ingat sebulan lalu pembantu pulang. Papi juga yang kebagian bersihin rumah dan mandiin anjing. Ujung-ujungnya jantungan karena kecapaian. Kasian Papi.

"Papi sih cuma kasian ama dia. Udah tua pikirannya gak tenang... Pasti susah hidup kaya dia..."

Dan Papi kembali hepi-hepi.

People will never change, so don't even try changing them.

Mending hepi-hepi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar